Tips Bijak Menonton Youtube Bagi Anak - Anak

Dagu2.com, Tips - Youtube siapa yang tidak kenal?.. situs web berbagi video, yang memungkinkan pengguna untuk menggunggah, berbagi dan saling berinteraksi.

Berbagai konten tersedia dalam situs tersebut, music, berita, vlog,  tutorial hingga konten anak- anak, cerita ringan yang cocok bagi edukasi anak.

apakah Youtube aman bagi anak - anak ?.. mungkin pertanyaan ini ada di benak kita semua, apakah judul dengan isi konten sesuai? dan masih banyak pertanyaan yang mungkin akan terlintas dibenak kita.

Youtube seakan tidak bisa terpisahkan ketika kita mengakses internet. Tidak jarang kita akan melihat anak - anak dengan lihainya mengakses Youtube, dimanakah orang tua mereka?..apakah mereka tau konten apa yang sedang dilihat anak mereka?.. pernah melihat judul konten anak - anak, akan tetapi isi tidak sesuai ?.. pernah mendengar cerita kegelisahan orang tua, setelah mengetahui konten yang tidak sesuai dengan usia mereka.

Coba Tips Bijak Menonton Youtube Bagi Anak  - Anak :

1. Dampingi anak kita
    Selalu dampingi anak kita ketika menonton Youtube, komunikasi yang aktif juga sangat di butuhkan disaat seperti, jika kita menemukan konten yang tidak sesuai, kita bisa segera mengantisipasi dengan pindah ke video  lain, kita juga bisa melaporkan channel tsb.

2. Bikin channel sendiri
   Dengan 1 email kita bisa bikin channel lebih dari satu, hal ini berfungsi untuk memisahkan video        yang sering ditonton orang tua dengan anak, kita tidak perlu repot mencari lagi video favorite anak      kita, tinggal lihat di history, maupun subcription.


manfaat bikin channel youtube
contoh channel youtube
3. Buatlah perjanjian sebelum nonton
   Selalu terapkan jadwal menonton, agar anak kita bisa membagi waktu, antara menonton dan kegiatan yang lain.

4. Arahkan  untuk memilih channel youtube
    Arahkan anak kita memilih channel yang sesuai dengan usia, atau channel dengan konten yang bemanfaat, kunci utama adalah peran aktif dari orang tua.

5. Tonton Video Hingga Selesai
    Tontonlah video hingga selesai, jika perlu ulangi, pahami juga jalan ceritanya, karna tidak      selamanya kartun ataupun konten di youtube sesuai dengan perkembangan anak kita.

Peran aktif kedua orang tua sangat menentukan, tontonan Youtube bermanfaat atau tidak, jangan hanya bisa menyalahkan anak ketika ketahuan menonton konten yang tisak sesuai dengan usia mereka.

Luangkan waktu bersama anak anda ketika menonton Youtube, karna moment ini bisa menjadi mendekatkan kita dengan buah hati kita, tetap bijak dalam bersocial media, dunia boleh maya, etika tetap dijaga.

NB : tips ini lebih cocok untuk anak usia balita.